Monday 13 February 2012

Cara Mereset BIOS Komputer Seperti Bawaan Pabrik

No comments
Kadang tanpa sengaja atau dengan sengaja ketika kita mengotak atik settingan BIOS komputer seringkali kita lupa atau tak sengaja mengubah bagian-bagian yang semestinya tidak di anjurkan untuk kita rubah. Nah setelah kita rubah  settingan BIOS komputer dan kita save ternyata hasilnya kurang memuaskan dan bahkan komputer kita seakan tambah lambat booting, atau muncul kode-kode yang tidak kita inginkan. Apalagi kita belum begitu paham dan mahir atas kode – kode yang di tampilkan dalam setting BIOS kita. Repot bukan..? maka satu-satunya jalan agar komputer kita kembali normal adalah dengan mereset setting BIOS menjadi default atau seperti bawaan pabrik.

 
Nah disini ada Caramereset BIOS Komputer  seperti bawaanpabrik, berikut langkah-langkahnya:
Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mereset setting BIOS menjadi default, silahkan anda mau pakai cara 1, atau cara, 2.
     1. Melepas Jumper Motherboard Komputer
Semua pc desktop pasti ada yang namanya jumper cmos dan biasanya berdekatan dengan battery cmos, jumper cmos terdapat tiga pin dan jumper akan berhubungan antara pin yang ditengah dengan salah satu pin yang lain. Lepaskan jumper kemudian pasang antara pin yang ditengah dengan pin lain yang berlawanan. Misalnya saat awal pin yang tengah berhubungan dengan pin sebelah kiri, maka lepas jumper dan pasang jumper antara pin yang ditengah dan pin sebelah kanan. Setelah itu tunggu beberapa saat kemudian kembalikan lagi pada kondisi semula.
 Lihat Gambar Jumper Cmos 

      2. Melepas dan memasang kembali battery CMOS
Yang kedua ini termasuk cara yang mudah, Anda hanya melepas battery cmos selama kurang lebih 10 menit-an kemudian pasang kembali. fungsi dari melepas dan memasang kembali yaitu menjadikan settingan bios anda kembali seperti semula atau dengan kata lain default dari pabrik bawaan.
Gambar Battery Cmos 
Catatan:
Saat melakukan dua cara di atas pastikan CPU / Motherboard tidak terhubung dengan arus listrik.
Sementara hanya ini Cara Mereset BIOS Komputer  seperti bawaan pabrik yang dapat saya tuliskan, semoga dapat membantu Anda yang sedang mengalami masalah ini.
 
sumber :  http://ruddinnoer.blogspot.com/2012/01/cara-mereset-bios-komputer-seperti.html

No comments :

Post a Comment