Thursday 27 October 2011

Jepang Buat Robot Bola yang Bisa Terbang

No comments

Jakarta - Para ilmuwan di Kementerian Pertahanan Jepang mengembangkan sebuah robot yang disebut sebagai mesin berbentuk bola pertama di dunia yang bisa terbang. Robot ini bisa berputar-putar di angkasa seperti helikopter dan terbang ke semua arah.

Dalam sebuah rekaman video yang diunggah ke YouTube, robot bola tersebut tampak terbang mengelilingi ruangan yang dipenuhi hadirin. Robot tersebut dikendalikan oleh remote control yang dimainkan oleh salah satu seorang ilmuwan yang mengembangkannya.

Beberapa kali, robot tersebut sengaja dibenturkan ke tembok atau benda lain yang menghalanginya. Namun robot itu tetap melayang stabil berkat adanya 'gyroscope onboard' yang tertanam di dalamnya.

Bobot mesin tersebut cukup ringan. Yang menarik, setelah diamati, tubuh robot tersebut rupanya tersusun dari komponen rak besi bekas.

Ke depannya, robot senilai USD 1.400 (sekitar Rp 12,6 juta) ini akan dikembangkan sebagai robot penyelamat. "Karena kemampuannya yang bisa terbang dan mendarat denan mudah di mana pun, mesin ini diharapkan bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau transportasi lain," kata salah seorang dari tim pengembang robot itu.




sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/10/27/142654/1753998/511/jepang-buat-robot-bola-yang-bisa-terbang?i991102105

No comments :

Post a Comment